Thursday, December 12, 2013

// // Leave a Comment

Inilah Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia

gunung berapi raksasa, gunung berapi terbesar di dunia, gunung berapi aktif, gunung berapi aktif terbesar, taman nasional yellowstone
Ilmuwan berhasil menemukan gunung berapi aktif terbesar di dunia yang ternyata mampu menampung magma 2,5 kali lebih banyak dari yang diperkirakan siapapun. Gunung berapi super ini terletak di bawah Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat, dengan diameter lubang kawah sebesar 90 kilometer dan mengandung 200 hingga 900 meter kubik batu. 
Seorang peneliti, Bob Smith, yang juga seorang profesor di Universitas Utah mengatakan temuan ini sangat mengejutkan. "Kami melakukan penelitian di sana dalam jangka waktu yang lama dan kami selalu mengira gunung ini besar, tetapi temuan ini benar-benar sangat mengejutkan." katanya kepada BBC. Bahkan lebih lanjut, Prof. Smith mengatakan jika gunung ini meletus dampaknya akan sangat luar biasa.
Gunung ini terakhir kali meletus 640 ribu tahun lalu dan menyebabkan perubahan iklim dan mengirim abu ke seluruh wilayah Amerika Utara. Temuan gunung berapi raksasa ini kemudian diajukan ke American Geophysical Union Fall, sebuah pertemuan yang membahas permasalahan geofisika. Dengan menggunakan seismometer yang ditempatkan di sekitar Taman Nasional Yellowstone, tim peneliti dapat mengetahui letak magma dari gunung berapi terbesar di dunia ini.

0 comments:

Post a Comment