Thursday, December 19, 2013

// // 1 comment

Belajar Aksara Jawa Melalui Smartphone

aplikasi aksara jawa android, aksara jawa android, aksara jawa di android
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak anak muda yang berasal dari Jawa sudah tidak bisa menggunakan aksara Jawa, baik dalam kegiatan menulis ataupun membaca karena kuatnya pengaruh asing yang masuk ke berbagai aspek sosial masyarakat Jawa. Hal ini tentunya berbahaya, karena aksara Jawa adalah salah satu kekayaan Indonesia, yang mempunyai makna yang sangat luas bahkan setiap huruf dalam aksara Jawa mempunyai makna sendiri. Tetapi pengetahuan akan hal itu sudah tidak banyak diketahui oleh mayoritas anak muda, yang lebih sering bercengkerama dengan gadget, memainkan game, atau sekedar saling berkirim pesan. 
Dengan fakta bahwa generasi muda lebih dekat dengan smartphone, Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY merilis sebuah aplikasi Hanacaraka, yaitu aplikasi belajar memahami aksara jawa yang bisa digunakan di ponsel berbasis Android. Aplikasi ini dibuat selama satu setengah bulan, dan menghasilkan aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play. Dengan pembuatan yang relatif cukup dikebut, membuat aplikasi ini sedikit kurang lengkap, diantaranya kurangnya Aksara Murda (huruf kapital), tetapi kekurangan ini oleh pihak terkait akan segera diperbaiki, dan versi revisinya akan dirilis bersamaan dengan aplikasi yang akan dijalankan di smartphone Apple.
aplikasi aksara jawa android, aksara jawa android, aksara jawa di android
Aplikasi Hanacaraka buatan Fasikom UI
Hingga saat ini tercatat ada empat aplikasi serupa di Google Play, diantaranya buatan Fasikom UI. Dari keempat aplikasi serupa ini, aplikasi milik Fasikom UI sedikit lebih unggul dan lebih mudah digunakan daripada aplikasi lainnya. Untuk mendownload aksara Jawa versi Fasikom UI, silahkan klik disini. Untuk Aplikasi Hanacaraka versi lainnya, bisa klik disini.

1 comment:

  1. Bagi bagi Bonus Promo Gratis nih Hari Lebaran Idul Fitri, buruan langsung chat kami di bolavita.

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Link Promo BOnus lebaran : www,bolavita,pro/promo-lebaran/

    ReplyDelete