Monday, October 26, 2015

// // 2 comments

Musik Aneh ini Bisa Bikin Komputer Rusak

Tidak seperti beberapa dekade lalu ketika mendengarkan musik harus menggunakan alat pemutar musik seperti tape atau radio. Saat ini, terutama bagi para remaja, koleksi musik pasti tersimpan dengan rapi di dalam laptop atau komputer. Jenis musik yang tersimpan pun bermacam-macam tergantung kesukaan si pemilik. Tetapi, jika ada pembaca yang hobi mendengarkan musik melalui komputer atau laptop, jangan coba-coba untuk memainkan jenis musik ini karena komputer atau laptop akan langsung rusak. Musik aneh ini disebut Black MIDI, dan berasal dari negeri sakura Jepang.
Negara yang memang terkenal salah satunya karena teknologi ini memang terus berinovasi. Namun, musik yang disebu Black MIDI atau Blackened Musical Notation ini benar-benar bisa merusak komputer atau laptop. Sesuai namanya, musik "perusak" ini dibuat dengan dasar MIDI dengan cara menyusun ribuan hingga jutaan not-not yang menjadi satu lagu utuh. Penambahan kata "Black" di depan karena jika not-not itu ditulis secara normal maka yang terlihat hanyalah tumpukan jutaan not yang terlihat seperti tinta hitam yang tumpah.
Musik Black MIDI ini biasanya mengambil lagu-lagu yang sudah ada dan kemudian me-remake lagu-lagu tersebut sehingga menjadi lagu yang baru. Musik Black MIDI yang tercatat pertama kali adalah sebuah lagu aransemen ulang dari sebuah musik latar dari game Touhou Project 6. Sebagai tambahan informasi, game ini merupakan salah satu game vertical scrolling shooter paling gila yang pernah dibuat. Dari musik latar itu, Shirasagi Yukki mencatatkan namanya sebagai pembuat musik Black MIDI yang pertama.
Setelah itu, muncul beberapa nama yang juga mengaransemen musik latar dari game yang sama. Kakakakaito1998 mengikuti langkah Yukki mengambil musik latar beberapa game, terutama game Touhou, sama seperti Yukki. Musik Black MIDI buatan Kakakakaito1998 ini kemudian diupload ke YouTube pada tahun 2011 lalu. Dari sinilah musik "perusak" Black MIDI mulai dikenal dan banyak memunculkan pembuat musik serupa dari seluruh penjuru dunia seperti China dan Korea yang membuat karya yang tak kalah aneh dan gila.

Seperti yang ditulis di awal bahwa musik ini bisa merusak komputer atau laptop. Seperti apakah kerusakannya? Komputer dengan spesifikasi biasa atau low-spec biasanya akan mengalami lag hingga soundcard pecah. Kenapa bisa begitu? Komputer atau laptop dengan spesifikasi biasa bisa dipastikan tidak bisa mengatasi musik ini. Aplikasi pemutar musik yang biasa digunakan juga tidak bisa mengatasi "tekanan" dari jutaan not yang diputar secara bersamaan selama lima atau enam menit. Kabar buruk lainnya, penderita epilepsi dilarang menyaksikan video musik Black MIDI, karena mempunyai grafik warna yang membingungkan serta memusingkan. 

Uniknya, meskipun rumit dan memusingkan, musik Black MIDI ini dibuat hanya dengan aplikasi-aplikasi sederhana macam FL Studio, Synthesia, Piano From Above, Domino, Anvil Studio atau MIDITrail. Aplikasi Synthesia bahkan digunakan untuk berlatih dasar-dasar bermain piano. Nah, bagi pembaca yang ingin mendengarkan musik 'perusak' Black MIDI, di YouTube banyak bertebaran musik ini yang lebih aman daripada mendengarkan versi asli MIDI-nya.

2 comments: