Tuesday, October 27, 2015

// // 1 comment

Benda Gelap ini Bisa Menyerap Cahaya

Jika sebelumnya masyarakat telah mengenal Ventablack sebagai benda paling hitam yang pernah dikenal manusia, maka ilmuwan Arab berhasil menciptakan saingan dari Ventablack, yang menjadi benda paling gelap di bumi. Benda ini dikatakan paling gelap karena mampu menyerap cahaya mencapai 99 persen. Benda tergelap ini dibuat oleh seorang ilmuwan dari Universitas King Abdulla, Arab Saudi. Namun, benda tergelap ini belum diberi nama.
Uniknya, benda tergelap ini dibuat hanya secara handmade. Ketika benda gelap ini disorot lampu senter dari berbagai arah, tak ada cahaya yang terpantul dan tetap terlihat hitam legam. Menurut sang ilmuwan, pembuatan benda gelap ini terinspirasi dari seekor kumbang putih yang disebut Cyphocyllus. 

Meskipun berwarna putih, kumbang ini mempunyai lapisan kulit yang terbuat dari struktur kristal yang bisa memantulkan cahaya. Kemudian ilmuwan itu ingin mencoba untuk membalikkan kemampuan kumbang putih tersebut dengan menciptakan benda yang bisa menyerap cahaya. Salah satu bahan pembuatan benda tergelap ini adalah struktur kulit kumbang Cyphocyllus. Benda ini diharapkan nantinya bisa diaplikasikan pada pembangkit tenaga surya untuk mengoptimalkan penyerapan cahaya matahari sebagai sumber energi.

1 comment:

  1. Buat yang suka bola, mari daftar di agen kami www(dot)updatebetting(dot)co
    Selagi Pildun 2018 nih :)

    ReplyDelete