Wednesday, October 21, 2015

// // Leave a Comment

Airbus Kembangkan Pesawat Supersonik Berkecepatan 5.500 Km/Jam

Aktivitas manusia dituntut serba cepat di berbagai hal. Untuk memenuhi kebutuhan itu, manusia menciptakan peralatan-peralatan untuk mendukung mobilitas yang cepat. Smartphone, komputer, internet, hingga transportasi. Manusia dituntut untuk selalu cepat. Airbus, perusahaan pengembang transportasi udara kini tengah berupaya untuk mewujudkan sebuah moda transportasi cepat untuk mendukung kinerja manusia. Sebuah pesawat yang kini tengah digodog oleh Airbus ini disebut-sebut sebagai penerus pesawat Concorde. Dan sebagai penerus, pesawat baru ini akan jauh lebih canggih.
Sampai saat ini, manusia membutuhkan waktu beberapa jam untuk penerbangan lintas benua. Permasalahan waktu inilah yang digarisbawahi, karena pesawat baru yang tengah dikembangkan ini nantinya akan mempunyai kecepatan supersonik, mencapai 5.500 km/jam! Tak hanya itu, pesawat ini juga akan dirancang sedemikian rupa sehingga bisa mendarat dan mengudara layaknya helikopter, yaitu secara vertikal.
Terkait dengan kecepatan supersonik tersebut, pesawat ini nantinya akan mampu melesat dalam keadaan fluid dynamics sebanyak 4,5 kali lipat, yang mana berarti perjalanan dari New York ke London atau sebaliknya hanya akan membutuhkan waktu satu jam saja. Pesawat supersonik ini menggunakan tiga mesin hidrogen yang berbeda. Dan mesin-mesin itulah yang akan menghasilkan tenaga dorong hingga mencapa 5.500 km/jam.

Selain tiga mesin itu, terdapat dua mesin lainnya yaitu mesin Rocket Motor, yang mampu membawa pesawat ini terbang hingga di atas ketinggian 100.000 kaki atau 30.000 meter. Sementara mesin yang satunya yaitu mesin Ramjet yang berada di sayap pesawat untuk memberikan dukungan tenaga sehingga bisa mencapai kecepatan maksimal. Namun, pesawat supersonik ini dikatakan hanya mampu menampung sekitar 20 penumpang. 

Dengan jumlah penumpang sebanyak itu, ditambah dengan teknologi canggih pada pesawat, tentunya untuk menikmati perjalanan kilat lintas benua menggunakan pesawat supersonik ini tidaklah murah. Pihak Airbus juga mengatakan bahwa pesawat ini dibuat untuk kebutuhan bisnis, atau masyarakat umum yang membutuhkan layanan kilat, khususnya antar benua dalam waktu satu hari. Bagaimana, berminat? (liputan6.com)

0 comments:

Post a Comment