Friday, October 9, 2015

// // Leave a Comment

Mega Asteroid Berdiameter 2,6 Kilometer Dekati Bumi

Sebuah asteroid berukuran besar kurang lebih berdiamater 2,6 kilometer sedang dalam perjalanan mendekati bumi, dan mega asteroid ini berpotensi berada pada jarak yang cukup dekat dengan bumi. Diperkirakan, dengan ukuran sebesar itu, asteroid tersebut mampu untuk membunuh jutaan manusia apabila menabrak bumi.
Asteroid bernama 86666 atau 2000FL10 ini oleh NASA diperkirakan akan berada pada titik paling dekat dengan bumi pada hari Sabtu 10 Oktober 2015 waktu AS, atau pada Minggu waktu Indonesia (WIB). Jarak mega asteroid tersebut kurang lebih 'hanya' 25 juta kilometer. Mega asteroid ini sebenarnya telah diamati sejak 16 tahun lalu. 

Asteroid raksasa ini melaju di angkasa dengan kecepatan 64 ribu km/jam. Dengan ukuran sebesar itu, NASA menjadikan obyek ini sebagai obyek asing yang berpotensi membahayakan. Jika benda sebesar itu menabrak bumi dengan kecepatan seperti itu, efeknya sama dengan ketika ribuan bom yang meledak sekaligus.

Jika mega asteroid itu menabrak samudra, mega tsunami akan terbentuk. Lebih dari setengah daratan di bumi akan tertutup, air dalam jumlah besar akan menguap ke atmosfer. Akibatnya, sinar matahari tidak akan menembus sampai ke permukaan bumi. Udara di bumi akan dipenuhi dengan awan dan kotoran selama beberapa tahun. Pada masa seperti itu, bumi mengalami musim dingin temporer, dan makhluk hidup terancam punah.

Kabar baiknya, NASA mengatakan bahwa kemungkinan mega asteroid ini menabrak bumi sangat kecil, sekitar 0,01 persen. Mega asteroid 86666 ini akan melewati bumi pada jarak lebih dari tujuh juta kilometer, dan itu merupakan jarak yang aman. 

0 comments:

Post a Comment