Friday, December 4, 2015

// // 1 comment

Lubang Hitam yang Sedang Menelan Bintang Tertangkap Kamera

Lubang hitam secara umum memang dikenal sebagai pemakan bintang atau galaksi yang ada di dekatnya, namun sepertinya belum pernah ada yang merekam atau memotret aksi lubang hitam yang sedang memakan bintang. Setidaknya sampai ketika tim astrofisika internasional pimpinan Universitas John Hopkins berhasil merekam aksi lubang hitam supermasif yang sedang menelan bintang. Materi yang dilontarkan pun sangat cepat mencapai kecepatan cahaya.
Ukuran bintang malang tersebut kurang lebih sama dengan matahari. Bintang tersebut bergeser dari jalur normal dan tertarik oleh daya gravitasi dari lubang hitam supermasif tersebut. Hasilnya, bintang itupun ditelan oleh lubang hitam. Seorang ilmuwan Universitas Johns Hopkins menyebut bahwa peristiwa seperti ini sangat langka.

Lubang hitam supermasif diketahui merupakan lubang hitam terbesar. Lubang hitam ini diduga berada di pusat galaksi paling masif. Lubang hitam ini terletak di spektrum yang lebih ringan daripada lubang hitam supermasif. Meski begitu lubang hitam ini masih mempunyai kemampuan untuk menelan bintang seukuran matahari. Salah seorang ilmuwan bernama Van Velzen mengatakan bahwa proses ini sangat indah namun sangat rumit dan sulit dipahami.

1 comment:

  1. Ayo pasang jagoanmu disini www(dot)updatebetting(dot)co
    Info lebih lanjut 7ACD8560

    ReplyDelete