Friday, December 11, 2015

// // Leave a Comment

Guru Cantik dari Aceh ini Tuai Pujian Netizen

Profesi guru dengan segala dinamikanya memang selalu menarik untuk diikuti. Bagai dua sisi mata uang yang berlawanan, tidak semua guru itu mencerminkan perilaku yang patut ditiru. Namun, tidak sedikit pula guru yang memenuhi persyaratan untuk menjadi guru yang baik. Seorang guru di Aceh bernama Fatma Susanti, S.Pd baru-baru ini membuat kehebohan di media online. Pasalnya, guru salah satu SMA di Aceh ini selain berparas cantik ternyata juga bisa membuat pertanyaan berbobot untuk siswanya.
Dalam sebuah ulangan, Ibu Fatma memberikan empat soal kepada para siswanya. Alih-alih memberikan banyak soal pilihan ganda atau model soal yang umum, Bu Fatma memberikan soal yang menuntut para siswa untuk berpikir keras, dan semuanya menuntut pandangan masing-masing siswa. Singkatnya, siswa akan menganalisis permasalahan kemudian mengutarakan pendapatnya sebagai jawaban.
Dalam ulangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut, Bu Fatma memberikan soal-soal yang aktual, artinya relevan dengan kondisi Aceh khususnya, dan Indonesia secara umum saat ini. Contoh, dalam salah satu soal, Bu Fatma menyoroti tentang apakah syariat Islam mampu memberikan jaminan kerukunan bagi masyarakat Aceh. Selain itu, Bu Fatma juga meminta pendapat siswa mengenai isu bela negara yang sempat ramai beberapa waktu lalu.

Dan tak butuh waktu lama untuk lembar soal beserta Bu Fatma muncul di internet. Setelah muncul di media online, soal-soal ini mendapatkan banyak sekali respon. Bahkan Direktur ICAIOS, Saiful Mahdi, MSi, SSc, PhD di laman Facebooknya secara khusus memuji soal ulangan ini sebagai soal ulangan yang cerdas karena menuntut high order thinking dari para siswanya. 

0 comments:

Post a Comment