Wednesday, February 18, 2015

// // Leave a Comment

Pentagon Luncurkan Mesin Pencari yang Lebih Hebat dari Google

Sampai saat ini Google memang masih menjadi mesin pencari paling populer yang banyak digunakan oleh pengguna internet dunia, meskipun China sudah mempunyai mesin pencari sendiri yang sedikit demi sedikit mulai mengusik popularitas Google. Dan nampaknya saingan Google akan bertambah, karena Pentagon juga akan meluncurkan mesin pencari yang dikembangkan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).
Pihak Pentagon mengklaim bahwa mesin pencari yang mereka namakan Memex ini bakal lebih hebat dari Google. Sebagai mesin pencari, Memex bisa digunakan untuk mencari informasi apapun di internet, tetapi Memex akan lebih fokus pada pencegahan tindak kejahatan terutama prostitusi dan perdagangan manusia yang sering dilakukan secara online.


Memex merupakan singkatan dari Memory dan Index, dan mesin pencari ini mempunyai cara kerja yang rumit, yaitu dengan mengisi stok data dengan melakukan pencarian segala informasi dari dunia maya. Segala informasi yang bisa didapatkan akan dikumpulkan oleh mesin pencari tersebut. Dengan begitu, hasil yang didapat oleh Memex akan disajikan dalam bentuk inforgrafis yang lebih canggih, yang sulit ditemukan oleh Google.

Saat ini mesin pencari Memex masih berupa prototype dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas secara gratis. Ke depannya, mesin pencari Memex juga akan dikembangkan untuk memerangi bentuk-bentuk terorisme semacam ISIS.

0 comments:

Post a Comment