Tuesday, February 10, 2015

// // Leave a Comment

Matahari Terlihat Kerdil jika Disandingkan dengan Bintang Ini

Matahari boleh jadi merupakan bintang raksasa yang dikenal manusia sampai saat ini, tetapi apa jadinya jika matahari disandingkan dengan bintang yang bernama UY Scuti? Hasilnya, matahari terlihat kerdil, bahkan hanya terlihat seperti sebuah titik karena bintang bernama UY Scuti ini berukuran sangat besar berlipat-lipat dari ukuran matahari.


Bintang bernama UY Scuti ini tercatat sebagai bintang terbesar di jagat raya yang diketahui hingga saat ini, dengan bobot 30 kali lebih berat dari matahari dan ukuran 1.700 lebih besar dari matahari. Dengan ukuran yang luar biasa ini tentunya membuat matahari terlihat seperti titik.

Dengan ukuran super jumbo seperti itu, UY Scuti oleh para ilmuwan digolongkan ke dalam kelompok bintang "Hypergiant" yang merupakan kelompok bintang raksasa dengan ukuran minimal 100 kali matahari. Bahkan jika bintang jumbo ini ditempatkan di sistem tata surya yang sama dengan matahari, bintang ini akan memenuhi ruang sekitar 50% di tata surya.


Akan tetapi, meskipun mempunyai ukuran yang super jumbo, pemegang rekor bintang paling berat adalah R136a1 yang mempunyai berat 265 kali bobot matahari.


0 comments:

Post a Comment