Monday, February 2, 2015

// // Leave a Comment

Ilmuwan Temukan Bintang Tertua di Alam Semesta

Sekelompok ilmuwan temukan bintang tertua di alam semesta dengan usia yang jauh lebih tua daripada sistem tata surya manusia. Bintang tua itu, yang kemudian dinamai Kepler-444 ini juga diketahui memiliki lima buah planet yang berukuran setara Planet Merkurius dan Venus. Namun para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa planet tersebut terlalu dekat dengan matahari untuk dapat ditinggali.


Bintang tua yang usianya dua kali lipat lebih tua dari sistem tata surya manusia ini kemungkinan berasal dari periode sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu. Para gabungan ilmuwan dari berbagai negara tersebut mengatakan meskipun mustahil tinggal di planet-planet tersebut karena terlalu panas, penemuan ini sangatlah penting.


Lebih lanjut, salah satu peneliti bernama Tiago Campante mengatakan bahwa jika ada planet seukuran bumi di alam semesta bukan tidak mungkin juga ada kehidupan di luar angkasa. "Mungkin ada peradaban di luar sana yang dimulai beberapa miliar tahun yang lalu. Bayangkan teknologinya." katanya. Temuan ini juga termasuk misi Kepler yang dimulai pada tahun 2009 lalu. Sampai saat ini sudah ribuan planet yang ditemukan melalui visi ini.


0 comments:

Post a Comment