Friday, February 13, 2015

// // Leave a Comment

Indonesia Menjadi Negara yang Membuang Sampah Paling Banyak di Laut

Pencemaran lingkungan saat ini sudah mencapai tingkat yang parah. Di manapun selalu ada sampah teronggok yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak nyaman. Parahnya lagi, Indonesia, sebagai negara dengan wilayah perairan laut yang sangat luas, menjadi negara yang paling banyak membuang sampah di laut nomor dua di dunia!


Sementara itu, negara yang paling berkontribusi mencemari laut adalah China. Sementara tiga negara lainnya yaitu Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka menempati urutan ketiga sampai lima. Menurut penelitian dari lembaga penanggulangan pencemaran global Shoddy, 8 juta ton sampah plastik baru telah mencemari lautan sejak tahun 2010 lalu.


Seorang ilmuwan dari Universitas Georgia, Jenna Jambeck, kelima negara tersebut merupakan negara yang sedang mengalami perkembangan, sehingga menghasilkan sampah yang banyak namun minim dengan usaha daur ulang. Yang dikhawatirkan adalah jumlah sampah yang akan meningkat dua kali lipat dalam waktu 10 tahun ke depan. Sebagai perbandingan, 8 juta ton sampah plastik jika dikumpulkan akan membentuk pulau raksasa dengan ukuran 2,5 kali luas Jakarta.

0 comments:

Post a Comment