Thursday, February 19, 2015

// // Leave a Comment

Awan Setinggi 200 Kilometer Muncul di Mars

Lagi-lagi fenomena aneh yang terjadi di Planet Mars membuat bingung para ahli. Sekumpulan awan tiba-tiba muncul di Mars dan meluncur hingga ketinggian 200 kilometer ke udara. Awalnya fenomena ini tidak ditanggapi serius oleh para ahli, karena hanya ditemukan oleh pengamat amatir. Tetapi seorang peneliti dari Universitas Basque, Spanyol juga menangkap fenomena ini.



Bahkan setelah diteliti ternyata fenomena serupa sudah pernah terjadi pada tahun 1997 silam dan tertangkap teleskop Hubble. Yang menjadikan ilmuwan bingung adalah, awan tersebut terbentuk hanya dalam waktu 10 jam dan mampu bertahan pada ketinggian tersebut selama 11 hari. Selain itu, ilmuwan juga mengatakan bahwa mustahil awan bisa terbentuk pada ketinggian tersebut.


Penelitian lain di Natural Geoscience mengungkapkan bahwa awan tersebut kemungkinan terbentuk dari air dan karbondioksida. Sementara pendapat lain mengatakan bahwa awan tersebut adalah semacam "aurora" atau cahaya kutub-nya Planet Mars. Yang menjadikan awan tersebut semakin misterius adalah, awan itu hanya muncul pada batas siang malam waktu Planet Mars.

0 comments:

Post a Comment