Tuesday, February 24, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Planet yang Mungkin Dihuni Alien

Kontroversi serta perdebatan mengenai alien atau makhluk luar angkasa seolah tak ada habisnya. Perdebatan mengenai dimana alien tinggal, atau pertanyaan yang paling umum seperti adakah alien itu, selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Bahkan para ilmuwan pun tak ketinggalan untuk mencari informasi mengenai keberadaan alien ini dengan berbagai cara menggunakan peralatan-peralatan canggih.


Penelitian mengenai eksistensi alien selama ini hampir selalu dipusatkan pada planet-planet di luar sana yang mirip dengan bumi, terutama Planet Mars. Akan tetapi, menurut teori dari seorang ilmuwan dari pusat penelitian Nautilus bernama Sean Raymond, alien kemungkinan besar hidup di sebuah planet yang dinamakan "Bola Mata."

Planet Bola Mata, disebut seperti itu karena planet tersebut mempunyai siang dan malam yang abadi. Hal ini dikarenakan satu sisi planet tersebut menghadap matahari atau bintang, sementara sisi lainnya selalu gelap karena tidak mendapatkan cahaya. Jika planet selalu berotasi dan berevolusi, bagaimana hal ini bisa terjadi? Fenomena unik ini bisa terjadi karena adanya sebuah gaya gravitasi unik yang disebut sebagai "tidally locked", yang menyebabkan satu sisi sebuah planet selalu menghadap arah yang sama. Contoh yang paling mudah dan dekat adalah bulan milik Bumi.


Sementara planet yang mempunyai gaya gravitasi ini diantaranya adalah Planet Gliese 581g, yang mempunyai siang dan malam abadi. Sisi terang pada planet ini berupa daratan tandus, sementara sisi gelap dari planet ini merupakan daratan es. Lebih lanjut mengenai teori Sean Raymond, wilayah perbatasan antara sisi terang dan sisi gelap itulah yang menjadi tempat ideal bagi makhluk hidup untuk tumbuh, karena suhunya yang hangat dan mempunyai persediaan air yang melimpah.

Banyak ilmuwan yang meyakini eksistensi alien di planet 'bola mata' seperti Gliese 581g itu, yang juga diyakini sebagai planet pertama yang memiliki kemungkinan paling besar akan adanya alien di tempat itu. Planet Gliese 581g berjarak 20 tahun cahaya dari bumi, dan 'tidak terlalu jauh' untuk ukuran alam semesta. Bagaimana dengan pembaca?


0 comments:

Post a Comment