Friday, December 27, 2013

// // 6 comments

Pria Asal NTB ini Membuat Kompor Berbahan Bakar Air

kompor ramah lingkungan, kompor berbahan bakar air
Seorang pria asal NTB (Nusa Tenggara Barat) berhasil membuat kompor dengan bahan bakar air, bukan minyak atau gas seperti kebanyakan kompor yang beredar dan digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Lalu Mandra Rama Dwi Surya, adalah nama lengkap pria yang berhasil menemukan inovasi tersebut. Tetapi ternyata hasil karya pria kreatif tersebut bukan hanya kompor berbahan bakar air, karena ternyata beberapa peralatan pernah dihasilkan dari pemikiran kreatifnya, seperti mesin bor, penghancur batu dan karang, serta juga penghancur sampah.
Terkait kompor berbahan bakar air tersebut, kompor ini mampu mencapai titik didih pada suhu 800 derajat celcius. Ternyata inspirasi untuk membuat kompor ini pun hanya datang dari lingkungan sekitar, yaitu para petani. Ia merasa prihatin dengan dicabutnya subsidi minyak tanah sehingga menyulitkan para petani yang ingin menggunakannya sebagai bahan bakar oven tembakau Virginia. Demi menyelesaikan kompor ini, Lalu membutuhkan waktu sekitar hampir satu tahun hingga akhirnya bisa menemukan titik didih yang bisa mencapai 800 derajat celcius.
Produknya ini juga telah mendapatkan hak paten dan akan diproduksi massal terutama di daerah Nusa Tenggara Barat yang banyak terdapat petani tembakau Virginia, meskipun kompor ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti mengeringkan gabah dan juga oven kopra. Jika memang akan diproduksi massal, tentunya akan sangat menguntungkan petani karena dapat menghemat biaya, seperti biaya bahan bakar dan biaya pembelian kompor. Kompor ini akan dibandrol dengan harga sekitar 1,5 juta, jauh lebih murah daripada kompor biasa yang digunakan para petani seharta 5 jutaan. Bahan bakarnya juga lebih irit, karena kompor ini menggunakan bahan bakar campuran minyak dan air, dengan perbandingan 1 liter minyak dicampur dengan 1,5 liter air akan mampu menghasilkan panas sekitar 800 derajat celcius.

6 comments:

  1. Hoax detected...! Hahahaha...

    ReplyDelete
  2. Sayang ya penjelasannya kurang mendetail ini. Gimana kok air bisa jadi bahan bakar??

    agan admin blog,
    Ada lomba / Kontes Blog Berhadiah total 100 juta ni
    cek info di: http://bit.ly/1ehryq1

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang ga ada penjelasannya..hehe maap kl malah jd membingungkan..
      trims infonya langsung ke Tkp

      Delete
  3. Apa bisa pesan kompor Air ini ya?? konfirm ke cashburngyc@gmail.com
    Thanks..Regard.

    ReplyDelete
  4. Promo Terbaru Piala Dunia 2018 dari www,BolaVita,pro
    kami keluar besar bolavita memberikan bonus terbesar piala dunia 2018 untuk semua kalangan.
    segera bergabung dan dapatkan bonusnya.

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM : D1A1E6DF / D8DB1C57 / BOLAVITA

    Link Lengkap : http://www.bolavita.pro/promo-piala-dunia/

    ReplyDelete