Wednesday, December 18, 2013

// // 1 comment

Mumi Dari Kerajaan Nasrani Kuno Ditemukan di Sudan

Keberadaan tentang beberapa mumi dari sebuah Kerajaan Nasrani Kuno ditemukan di Sudan, di dalam sebuah prasasti berusia 900 tahun yang tersimpan di dalam sebuah biara tua di daerah Sudan, tepatnya di sebuah Kota Tua Dongala. Dari LiveScience, Kota Tua Dongala ini pada jaman lampau merupakan ibukota dari sebuah kerjaan yang cukup ramai, yang dikenal dengan nama Kerajaan Makuria. Hal ini bisa dimaklumi karena Kerajaan Makuria berlokasi di lembah Sungai Nil yang sangat makmur dan melahirkan beberapa peradaban maju di masa lampau.
Lebih lanjut, Kerajaan Makuria merupakan salah satu Kerajaan Nasrani yang eksis pada abad pertama, atau sekitar tahun 1000an masehi, yang telah mempunyai hubungan baik dengan Kekhalifahan Islam di sebelah utara. Menurut prasasti tersebut, ada tujuh orang yang pada akhirnya menjadi mumi secara alami, dan salah satunya adalah mumi dari seorang Uskup Agung Gregorius, sementara keenam jasad lainnya merupakan jasad laki-laki berusia 40 tahunan. Dengan temuan ini, peneliti akhirnya menemukan jejak dari Kerajaan Makuria, yang disebut-sebut mencapai periode keemasan pada abad 8-12 masehi.
Atur Obluski, peneliti yang mewakili University of Chicago dan University of Warsaw mengatakan bahwa kemungkinan kerajaan ini mencapai periode keemasa pada era sekitar abad ke 8 hingga ke 12 masehi. Bahkan lebih lanjut, kerajaan ini mempunyai hubungan yang baik dengan Kekhalifahan Islam di utara yaitu Kekhalifahan Fathimiyah, dengan sering melakukan perdagangan. Tetapi pada sekitar tahun 1171 masehi, Kerajaan Makuria ini diserang oleh Dinasti Ayyubiyah yang menyebabkan Kerajaan Makuria lenyap.
foto: (nytimes.com)

1 comment:

  1. Bagi bagi Bonus Promo Gratis nih Hari Lebaran Idul Fitri, buruan langsung chat kami di bolavita.

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Link Promo BOnus lebaran : www,bolavita,pro/promo-lebaran/

    ReplyDelete