Sunday, December 8, 2013

// // 1 comment

Ikan Hias Terbaik Ini Hanya Hidup di Kalimantan Barat

ikan arwana, ikan arwana merah, ikan hias endemik kalimantan barat, arwana merah kalimantan barat
Indonesia, negara dengan sumber daya alam melimpah di berbagai bidang, dari pertanian hingga perikanan, yang belum tergarap secara maksimal, dan khusus bidang perikanan khususnya ikan hias, perairan Indonesia memiliki beragam spesies ikan hias baik air laut ataupun air tawar. Khusus untuk perikanan air tawar, perairan Indonesia mempunyai banyak jenis ikan hias, bahkan salah satunya merupakan jenis ikan hias air tawar terbaik di dunia, yaitu Arwana Merah (Sclerofagus Formossus), yang cuma hidup di Kalimantan Barat, yaitu di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. 
Ikan Arwana Merah dibagi menjadi empat jenis, yaitu Merah Darah, Merah Cabai, Merah Orange, dan Merah Emas. Ikan ini mempunyai berbagai julukan, yaitu Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, Pla Tapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkalese, Aruwana, dan Arowana. Ikan Arwana merupakan ikan berumur panjang, sanggup mencapai usia sekitar 50 tahun yang membuat ikan ini sangat digemari.
Dengan bentuk tubuh yang kokoh, ikan ini termasuk ikan yang sangat tangguh yang dapat meloncat untuk menangkap serangga hingga sekitar 1-2 meter dari permukaan air. Ramping, dengan gerakan yang pelan, santai, namun dalam sekejap bisa berubah menjadi ganas dan cepat. Tingginya permintaan pasar akan ikan hias ini membuat CITES (Convention of International Trade in Endangered Species of World Flora and Fauna) menetapkan bahwa Ikan Arwana Merah menjadi ikan hias paling dilindungi di kawasan Asia.

1 comment:

  1. salam kenal ya,mari bermain bersama kami di ION QQ
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    pin BB 58ab14f5.

    ReplyDelete