Sunday, February 14, 2016

// // 1 comment

Sebongkah Batu Pancarkan Sinyal Wi-Fi Ketika Dibakar

Apa yang anda pikirkan ketika melihat sebongkah batu besar tergeletak di tengah hutan? Wajar, jika ada sebongkah batu di hutan. Tetapi, apa yang akan anda pikirkan ketika sebongkah batu tersebut bisa memancarkan sinyal Wi-Fi? Memang terdengar mengada-ada, tetapi sebongkah batu di Hutan Springhornhoff yang berada di Jerman memang bisa memancarkan sinyal Wi-Fi ketika dibakar.
Bagian bawah batu tersebut terlihat menghitam seperti bekas jelaga akibat pembakaran. Tetapi tunggu dulu, batu seberat 1,5 ton tersebut ternyata merupakan sebuah karya seni berjudul "Keepalive" yang dibuat oleh seniman Jerman bernama Aram Bartholl. Batu tersebut memang batu asli, tetapi Aram Bartholl membuatnya bisa memancarkan sinyal Wi-Fi.
Ternyata Aram Bartholl memodifikasi batu tersebut, dengan memberi batu tersebut tenaga yang berasal dari generator thermoelectric yang merupakan alat pengubah panas menjadi tenaga listrik. Api yang dinyalakan tersebut bertujuan untuk menyalakan router. Ketika router sudah menyala, maka sinyal Wi-Fi sudah bisa dinikmati.

Meskipun unik, ternyata sang pencipta karya seni ini memang dikenal dengan karyanya yang berbau teknologi. Salah satu karyanya yang cukup terkenal adalah "Dead Drops", yang berupa colokan USB di tembok. Orang-orang bebas menyolokkan perangkat mereka dan mendownload apapun yang mereka inginkan. Colokan USB "Dead Drops" ini sampai saat ini masih terpasang di sebuah bangunan di New York. (liputan6.com)


1 comment:

  1. MAU DAPAT UANG TANPA MENGHABISKAN WAKTU?
    SEGERA DAFTAR DI #KELINCI99. NB : BUKAN MLM

    ReplyDelete