Friday, November 15, 2013

// // 3 comments

Benda Misterius Berekor Enam Tertangkap Teleskop

benda langit misterius, benda misterius, luar angkasa, asteroid, komet berekor enam
Jagat raya seolah tak pernah kekurangan sesuatu untuk ditunjukkan kepada manusia, bahkan baru-baru ini Teleskop Hubble menangkap penampakan sebuah benda misterius yang berada di wilayah sabuk asteroid, diantara orbit Planet Mars dan Planet Jupiter. Tampilan benda misterius ini cukup mengejutkan, karena mirip komet tetapi benda ini mempunyai enam buah ekor. Benda misterius ini kemudian diberi nama P/2013 P5.
Benda misterius ini pertama kali terlihat pada bulan Agustus lalu dengan menggunakan teleskop pan-STARRS 1 yang berlokasi di Hawaii, kemudian dilakukan observasi kedua dan ketiga pada 10 dan 23 September lalu, dan saat itulah keanehan benda ini mulai nampak, yaitu enam buah ekornya mulai terlihat. Benda misterius tersebut juga melakukan perputaran, sehingga terlihat sekilas mirip kok dalam olahraga badminton. David Jewitt, pimpinan observasi ini mengungkapkan bahwa ia dan timnya tercengang dengan perkembangan benda ini karena struktur ekor benda itu berubah hanya dalam waktu 13 hari. Bahkan ia sulit mempercayai bahwa benda itu adalah asteroid. Tetapi kesimpulan sementara tentang benda itu adalah asteroid yang mengalami sebuah situasi yang disebut Yarkovsky-O'Keefe-Radzievskii-Paddack (YORP).
Tentang enam ekor yang terlihat itu, Jessica Agarwal dari Institute for Solar System Research Max Planck, Jerman, menjelaskan bahwa benda tersebut mengalami rotasi yang sangat cepat seiring dengan menghilangnya debu. Debu ini kemudian tertarik oleh matahari sehingga terlihat seperti ekor yang terlihat oleh teleskop tersebut. Asteroid berukuran 240 meter ini diperkirakan kehilangan 100 hingga 1000 ton debu.

3 comments: