Friday, December 25, 2015

// // 1 comment

Mengenal Krampus, Teman "Jahat" Sinterklas

Berhubung masih dalam suasana natal, tidak ada salahnya sekedar mengingat sosok paling dinantikan ketika natal tiba. Ya, Sinterklas atau Santa Claus, atau apapun itu namanya yang pastinya berbeda di setiap wilayah. Sinterklas diketahui memiliki banyak kawan terutama para rusa terbang yang membawanya terbang dari satu rumah ke rumah lain, serta gnome yang berwujud makhluk kecil seperti kurcaci yang membantunya membagikan hadiah. Bukan rahasia lagi jika Sinterklas akan memberikan hadiah pada anak-anak berkelakuan baik. Nah, bagaimana dengan anak-anak nakal? 
Ternyata anak-anak nakal ini juga mendapatkan hadiah, tetapi bukan dari Sinterklas melainkan Krampus, salah seorang teman Sinterklas yang memang memberikan hadiah untuk anak-anak nakal. Hadiah apakah itu? Ternyata bukan hadiah yang menyenangkan, karena Krampus akan memberi para anak nakal tersebut arang, atau memecut dan menjewer anak-anak nakal tersebut. Berbeda dengan sosok Sinterklas yang digambarkan dengan hangat, ramah, dan lucu, Krampus mempunyai wujud yang cukup mengerikan.
Menurut legenda, Sinterklas memiliki empat kawan, yaitu Servant Rupert yang suka bertanya pada anak-anak apakah mereka hafal doa-doa dan pujian, Belsnickel yang sering disebut Christmas Woman karena penampilannya menyerupai wanita, Black Pete yang berkulit hitam, serta yang terakhir adalah Krampus. Krampus digambarkan sebagai makhluk jadi-jadian, yaitu makhluk berkepala kambing dengan tanduk besar dan panjang, tubuhnya dipenuhi bulu, serta salah satu kakinya berwujud seperti kaki kambing sementara kaki lainnya adalah kaki layaknya manusia.
Wujud ini diketahui dari sebuah kartu ucapan Krampuskarten tahun 1800 di Jerman. Krampus digambarkan selalu membawa dahan pohon birch yang akan digunakan untuk menghalau anak-anak nakal. Hingga saat ini, khususnya di Jerman dan Austria, budaya memperingati Krampus masih sering diadakan. Pada tanggal 6 Desember, mereka akan mengadakan acara Krampus Night atau Krampusnacht yang merupakan acara karnaval. Sementara Krampuslauf atau Krampus Run adalah festival memperingati Krampus. Pada acara itu orang-orang berdandan ala Krampus dan kemudian berlari. (kompasiana.com)


1 comment:

  1. Pasang Taruhanmu Malam Ini Hanya Di www(dot)updatebetting(dot)co
    Untuk Info Cara Daftar Silahkan Hubungi CS Kami Di Bawah Ini
    BBM 7ACD8560, Line Updatebetting, Whatsapp +855 979 542 957

    ReplyDelete