Thursday, June 11, 2015

// // Leave a Comment

Wanita Spanyol ini Gegerkan Dunia Karena Menjual Matahari

Kelakuan manusia makin aneh saja. Belakangan, seorang wanita dari Vigo, Spanyol mengklaim memiliki matahari dan bahkan status kepemilikan ini sudah dinyatakan pada sejak 2010 silam. Klaim kepemilikan matahari oleh wanita bernama Angeles Duran itu juga sudah didukung oleh pengadilan. Selanjutnya, Duran berniat memungut bayaran pada siapapun yang memanfaatkan matahari.
Meskipun pengakuan tersebut sudah disahkan oleh pengadilan Spanyol, perjanjian internasional menyatakan bahwa suatu negara tidak boleh mengklaim kepemilikan benda apapun yang ada di langit. Akan tetapi nampaknya perjanjian itu tak berpengaruh bagi Duran. Walaupun belum ada yang penduduk di muka bumi yang mendapat tagihan atas penggunaan matahari, Duran sudah melakukan aksi yang lebih gila, yaitu menjual kavling permukaan matahari di eBay dengan harga 1 Euro/Kavling.

Akan tetapi usaha Duran menjual kavling di eBay kurang mulus karena eBay memblokir akun miliknya. Selanjutnya Duran merasa tak terima dengan perlakuan eBay dan melayangkan gugatan kepada eBay dan meminta ganti rugi sebesar 10.000 Euro atau sekitar Rp 150 juta. Meski pihak eBay berusaha menyelesaikan kasus ini di luar hukum, Duran tetap ngotot untuk menyelesaikan kasus ini sesuai hukum karena pengadilan Madrid menyatakan Duran boleh membawa eBay ke pengadilan.

Akhirnya iklan jual kavling di matahari milik Duran bisa muncul di eBay. Duran bahkan mengaku mendapat penawaran sebanyak 600 penawaran dengan nilai transaksi sebesar 1.200 Euro. 

Akan tetapi, mengapa Angeles Duran mengklaim matahari yang merupakan benda langit? Bukankah perjanjian internasional menyatakan bahwa suatu negara tidak boleh mengklaim benda langit apapun itu? Ternyata itulah yang digunakan Duran untuk mengklaim matahari. Dia mengatakan bahwa perjanjian internasional tersebut hanya berlaku untuk negara, sementara ia menyatakan bahwa ia bukanlah negara. 

Bagaimana menurut pembaca? 

0 comments:

Post a Comment