Sunday, June 21, 2015

// // Leave a Comment

Mengenal Dekotora, Seni Memodifikasi Truk ala Jepang

Jepang dikenal mempunyai penduduk yang kreatif. Masyarakat dunia pastilah sudah mengenal Origami atau seni merangkai kertas, dan juga Ikebana atau seni merangkai bunga. Tetapi mungkin banyak yang belum mengetahui tentang Dekotora, yaitu seni memodifikasi truk ala Jepang.
Umumnya, Dekotora merupakan kegiatan memodifikasi truk dengan memberikan tambahan aksesoris seperti lampu ultraviolet, cat mewah, serta eksterior berkilauan seperti perak dan emas. Modifikasi atau tambahan aksesoris ini tidak terbatas hanya di eksterior saja melainkan juga di interiornya.
Uniknya, Dekotora dilakukan oleh sang sopir truk sendiri untuk mengisi kekosongan atau mengisi kegiatan serta memenuhi kesenangan semata. Untuk memamerkan karya para sopir ini biasanya ada acara khusus yang diselenggarakan sebagai ajang pamer truk-truk yang sudah dimodifikasi. Acara para sopir truk ini biasanya juga mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara. Art Truck, adalah sebutan dari para wisatawan mancanegara untuk Dekotora ini.

Dekotora pertama kali muncul di era 70an dan secara tidak langsung anime populer Gundam juga bertanggung jawab atas semakin populernya Dekotora ini. Yang luar biasa adalah, meskipun modifikasi truk ini terlihat ekstrim, modifikasi ini ternyata tidak menyalahi aturan keselamatan kendaraan. Meski begitu, truk-truk berkilauan ini sangat jarang terlihat di kota-kota besar macam Tokyo atau Osaka. Truk-truk tersebut lebih banyak beroperasi di kota-kota kecil. (j-cul.com)

0 comments:

Post a Comment