Sunday, January 4, 2015

// // 2 comments

Bunga Mawar Hitam Ternyata Bukan Mitos

Bunga mawar hitam konon merupakan perlambang ilmu sihir dan vampir, sangat berbeda dengan bunga mawar merah yang identik dengan keindahan. Bunga mawar hitam juga sering dianggap hanyalah mitos, akan tetapi anggapan tersebut salah karena bunga mawar hitam bisa ditemukan tumbuh subur di Turki, tepatnya di daerah yang bernama Halfeti.
Apakah mawar hitam merupakan salah satu jenis mawar? Ternyata bunga mawar hitam di Turki disebabkan karena pengaruh kondisi tanah yang berbeda dengan daerah lain dan cenderung langka. Kondisi tanah yang unik tersebut kemudian ditambah dengan pengaruh dari Sungai Eufrat yang menyebabkan bunga mawar di daerah tersebut berwarna gelap, dari ungu tua sampai hitam.
Kombinasi dari tanah dan pengaruh Sungai Eufrat tersebut menyebabkan bunga mawar di daerah itu memproduksi pigmen bernama Anthocyanin yang berlebih sehingga menyebabkan bunga mawar di Halfeti cenderung berwarna gelap. Namun sangat disayangkan karena populasi bunga mawar hitam di Halfeti semakin berkurang karena aktifitas manusia. Meskipun begitu pemerintah setempat berusaha melestarikan bunga mawar hitam yang unik dan menarik ini.

2 comments: