Monday, January 6, 2014

// // Leave a Comment

Museum Lukisan 3D Pertama di Dunia Ada di Yogyakarta

Museum lukisan 3D pertama di dunia ada di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta. Yogyakarta yang memang dikenal dengan kawasan seniman ini pada tanggal 22 Desember 2013 lalu meresmikan museum 3D pertama di dunia, yang berlokasi di Kompleks XT Square, sebuah tempat wisata baru di Yogyakarta yang memang dipersiapkan sebagai pemecah arus wisatawan agar tidak selalu terpusat di Malioboro. Museum 3D yang diberi nama DE'MATA Trick Eye ini menempati lahan seluas 1.500 meter persegi.
Hingga saat ini museum tersebut masih dalam tahap pengembangan, tetapi sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan. Nantinya museum ini akan dillengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruangan full AC, radio mall, cafetaria, toko souvenir, toilet, dan tempat parkir. Tentunya dengan keberadaan museum ini akan lebih meningkatkan daya tarik Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia, karena menurut survey, di belahan dunia manapun belum ada museum khusus lukisan 3D. Biasanya karya-karya seperti itu diperkenalkan ke publik hanya pada saat ada pameran.
Dengan tiket masuk Rp 25.000/orang, pengunjung bisa masuk ke museum 3D ini, serta berfoto di dalam museum. Museum DE'MATA Trick Eye ini buka pada pukul 10 pagi hingga 10 malam. Untuk menemukan museum ini tidaklah sulit, karena museum ini terletak di kompleks yang sama dengan XT Square yang ada di Umbulharjo, Yogyakarta, yaitu ke arah timur dari pusat kota Yogyakarta. XT Square sendiri dibangun di bekas terminal lama Umbulharjo, sehingga diberi nama XT, atau singkatan dari ex-terminal.

0 comments:

Post a Comment