Sunday, May 24, 2015

// // Leave a Comment

Inilah Lima Buaya Terbesar di Dunia

Sebagai salah satu binatang prasejarah yang masih hidup hingga kini, buaya merupakan hewan yang bisa tumbuh dengan sangat besar. Dengan kemampuan adaptasi yang luar biasa, buaya bisa ditemui di hampir seluruh belahan bumi, kecuali gurun dan kutub. Dari rawa-rawa yang gelap hingga muara sungai yang lebar, buaya merupakan predator dan pemuncak rantai makanan di alam liar. Sampai saat ini, tercatat ada lima ekor buaya yang berukuran besar, yaitu;


Gustave
Gustave merupakan seekor buaya yang mendiami Sungai Nil, yang selama bertahun-tahun telah menjadi teror di perairan Danau Tanganyika, Burundi. Ukuran pasti Gustave belum diketahui secara pasti, meskipun ada laporan bahwa buaya ini mempunyai ukuran yang fantastis yaitu sekitar 25 kaki atau kurang lebih 7,6 meter, para ilmuwan meyakini bahwa ukuran Gustave baru mencapai 17 kaki atau sekitar 5,2 meter.

Puento Noire Crocodile
Buaya ini dinamakan Puento Noire karena buaya ini tewas setelah adanya operasi keamanan Puento Noire di Republik Kongo pada tahun 2003 lalu. Banyak kabar angin yang menyebutkan tentang buaya ini, termasuk kemunculannya sesaat setelah badai katrina. Puento Noire Crocodile merupakan buaya yang cukup besar dengan ukuran mencapai 17 kaki 8 inci atau sekitar 5, 4 meter.

Cassius
Cassius merupakan buaya koleksi Marineland Melanesia yang merupakan tempat khusus penangkaran. Buaya air asin ini diperkirakan telah berusia 110 tahun dan mempunyai ukuran fantastis yaitu sekitar 17 kaki 11 inci  atau sekitar 5,48 meter.

Brutus
Sama seperti Cassius, Brutus juga merupakan spesies buaya air asin yang sering terlihat di Sungai Adelaide, Northern Territory, Australia. Brutus sangat mudah dikenali karena ia hanya memiliki tiga kaki. Salah satu kakinya bagian kanan depan telah terputus akibat perkelahian dengan seekor hiu banteng. Brutus diperkirakan berukuran 18 kaki 4 inci atau sekitar 5,6 meter.

Lolong
Lolong merupakan buaya terbesar yang pernah diketahui manusia. Lolong mempunyai ukuran yang snagat fantastis yaitu 20 kaki 25 inci atau sekitar 6,2 meter. Buaya yang dinamakan Lolong untuk menghormati seorang pemburu buaya tradisional dari Filipina ini tercatat di Guiness Book of Record sebagai buaya terbesar. Selain ukurannya yang fantastis, buaya ini juga mempunyai "prestasi" yang cukup menakutkan, yaitu bertanggung jawab atas hilangnya beberapa penduduk. Sayangya, Lolong tewas karena terkena penyakit pneumonia pada 2013 lalu. (Uzone)








0 comments:

Post a Comment