Friday, October 31, 2014

// // 1 comment

Sisi Lain Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Budaya Jawa selalu menarik untuk dipelajari, dan saat ini museum memang menjadi salah satu tempat yang paling sering dituju untuk mempelejari kebudayaan jawa. Akan tetapi, dari begitu banyaknya museum yang menyajikan kebudayaan jawa sebagai topik utama, museum ini terlihat berbeda. Museum ini bernama Ullen Sentalu.
Museum Ullen Sentalu terletak di lereng Merapi, Sleman, Yogyakarta, tidak jauh dari Museum Gunung Merapi. Dibangun di atas tanah seluas 1,2 hektar, museum ini meskipun menawarkan seputar kebudayaan jawa sebagai topik utama tetapi memang cukup berbeda dengan museum yang lain.

Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari "Ulat Blencong Sejatining Tatanan Lumaku" yang artinya cahaya merupakan tuntunan hidup yang sebenarnya. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung tidak akan menemui kesulitan karena jalur utama menuju museum ini sama dengan jalur utama ke obyek wisata Kaliurang. 

Tiket masuk ke Museum Ullen Sentalu untuk orang dewasa Rp 50.000 dan untuk anak-anak Rp 30.000, sementara untuk pelajar tiket seharga Rp 15.000. Di dalam museum, pengunjung akan dipandu oleh guide yang akan menjelaskan banyak hal, terutama terkait dengan benda-benda yang ada di museum; kebanyakan adalah karya seni lukis dan sastra.

Saat ini, Museum Ullen Sentalu masih mempunyai beberapa bangunan yang masih dalam tahap pengerjaan. Artinya ke depannya museum ini masih akan berkembang. Sebagai tambahan, pengunjung tidak diperkenankan merekam atau memotret keadaan di dalam museum.

1 comment:

  1. Sayangnya di museum ini kita gak boleh difoto di dalam ya Mbak ?

    Salam,
    Forester

    ReplyDelete