Friday, April 18, 2014

// // Leave a Comment

Inikah Planet Kembaran Bumi?

planet baru, penemuan planet baru, planet kepler 186f
Penelitian tentang angkasa luar seolah tidak akan berhenti, bahkan kali ini sebuah planet baru seukuran sama dengan bumi berhasil ditemukan oleh sekelompok astronom. Meskipun planet tersebut mempunyai jarak yang cukup jauh dengan bumi, yaitu sekitar 490 tahun cahaya. Selain itu, planet ini diketahui mengorbit sebuah bintang, berbeda dengan bumi yang mengorbit matahari.
Planet yang kemudian diberi nama Kepler 186f ini disebut-sebut sebagai salah satu kemajuan dalam bidang pencarian planet baru yang merupakan rahasia umum bahwa para ilmuwan luar angkasa mencari planet baru yang bisa ditinggali manusia di masa depan. Planet ini terletak di dalam rasi bintang Katai Merah dan merupakan planet kelima dalam rasi bintang tersebut. Beberapa hal yang menjadikan penemuan planet ini menjadi penting adalah ukurannya yang hampir sama dengan bumi yaitu sekitar 1,1 kali ukuran bumi, dan juga planet ini berada dalam zona layak huni atau yang oleh para ilmuwan disebut Goldilocks.
Zona ini merupakan zona dimana daerah itu mempunyai suhu yang tepat untuk memproduksi air, sesuatu yang paling penting yang dibutuhkan oleh manusia selain oksigen. Akan tetapi penelitian akan planet ini masih berlanjut, dan diketahui bahwa planet ini mengorbit sebuah bintang dengan masa orbit sekitar 120 hari, jauh lebih pendek daripada masa orbit bumi.

0 comments:

Post a Comment