Wednesday, November 27, 2013

// // Leave a Comment

Inikah Bak Mandi Tuhan?

bak mandi tuhan, australia, queensland, university of adelaide
Meksipun hampir di semua wilayah di seluruh dunia terkena dampak polusi baik air, udara, suara, ataupun tanah, hal ini nampaknya tidak berlaku di sebuah wilayah di Australia tepatnya di sebuah pulau di lepas pantai Queensland karena di pulau tersebut terdapat sebuah danau yang mempunyai air yang sangat jernih dan tidak tersentuh oleh polusi dan terpengaruh oleh perubahan iklim ataupun perubahan peradaban manusia. Bahkan karena saking jernihnya, danau berkedalaman kira-kira 10 meter yang bisa terlihat dasarnya jika dilihat dari permukaan ini disebut sebagai bak mandi Tuhan.
Danau tersebut ditemukan oleh sekelompok peneliti dari University of Adelaide yang beruntung bisa menemukan pulau yang tak tersentuh perubahan iklim ataupun peradaban manusia selama 7000 tahun. Bahkan diperkirakan air di danau ini masih sama dengan air pada saat danau ini terbentuk yaitu 7000 tahun yang lalu. 
Danau yang kemudian disebut "Blue Lake" ini ternyata mempunyai caranya sendiri agar air di dalam danau itu tetap murni, yaitu karena danau ini mampu memperbaharui airnya. Caranya adalah dengan mengalirkan airnya ke rawa kemudian danau tersebut mendapat air kembali dari akuifer yang sangat jernih. Jika kondisi seperti itu bisa berlanjut, maka kemurnian danau ini akan tetap terjaga, kecuali eksploitasi manusia besar-besaran yang berpotensi merusak ekosistem wilayah itu. Dr Cameron Barr, ilmuwan yang menemukan danau tersebut mengatakan bahwa danau ini sangat penting guna melindungi biota yang ada di sekitar wilayah tersebut.

0 comments:

Post a Comment