Monday, December 15, 2014

// // Leave a Comment

Olahraga ini Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Olahraga memang salah satu aktifitas yang bermanfaat bagi manusia; selain untuk kesehatan, ternyata olahraga juga dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan daya konsentrasi. Jenis-jenis olahraga tertentu diketahui bisa sebagai sebuah latihan yang bagus sebagai cara untuk menjaga kebugaran sekaligus meningkatkan konsentrasi.
Lantas, olahraga apa sajakah yang bisa digunakan sebagai cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi?

1 -- Catur
Meskipun terlihat seperti sebuah permainan, Catur sebenarnya juga termasuk dalam kegiatan olahraga. Dan catur merupakan cara yang bagus dalam meningkatkan konsentrasi otak karena dalam catur terdapat beberapa proses yang harus dilakukan oleh otak, seperti berpikir, menganalisis, membuat keputusan, serta melatih kesabaran. Catur juga mampu mengasah kedua sisi otak.

2 -- Bridge
Tidak banyak yang mengetahui permainan yang juga masuk dalam salah satu jenis olahraga. Di dalam olahraga Bridge, otak akan dilatih beberapa hal seperti melatih kemampuan pengelolaan dan melatih kesabaran. Selain itu, olahraga Bridge merupakan aplikasi dari beberapa ilmu seperti psikologi, matematika, dan tentunya manajemen.

3 -- Lari
Kegiatan yang sangat familiar bagi penggemar olahraga; hampir semua olahraga yang membutuhkan lapangan besar harus berlari. Namun ketika kegiatan olahraga hanya dikhususkan pada kegiatan berlari saja, kegiatan ini mampu membuat otak merasa lebih segar. Olahraga ini pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

4 -- Jalan Kaki
Berdasarkan penelitian, kegiatan berjalan kaki dapat meningkatkan kewaspadaan serta meningkatkan kemampuan otak. Olahraga inipun sangat mudah untuk dilakukan, dimana saja dan kapan saja serta tidak membutuhkan peralatan khusus olahraga.

5 -- Bersepeda
Kegiatan yang akhir-akhir ini semakin populer di Indonesia. Kegiatan ini juga bisa mengurangi stres dan mampu membuat otak lebih segar. Hanya saja perlu diperhatikan beberapa hal pada sepeda yang harus disesuaikan dengan pengendara semisal sadel yang tidak terlalu keras, terlalu rendah, atau terlalu tinggi.

Nah, kelima aktifitas olahraga tersebut bisa dicoba agar daya konsentrasi semakin meningkat, yang penting adalah kegiatan tersebut harus dilakukan secara rutin. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment